Menu

Thursday 11 February 2016

Cara untuk Mengatasi Virus Trojan


Melanjutkan postingan terakhir tentang virus hidden komputer ~ yang berikutnya ingin kubahas yaitu tentang virus trojan :3

Sebelum kita belajar menghapus virus trojan secara "manual" ada baiknya kita memahami apa serta bagaimana cara kerjanya.

Trojan, sering disebut sebagai virus komputer akan tetapi kenyataannya trojan memiliki lingkup yang lebih luas melihat dari cara kerjanya yang diam-diam merusak dan biasanya memiliki tujuan tertentu (seperti mencuri password, log file dan lain-lain). Jenis trojan yang bekerja menyusup ke dalam sebuah program dan merusak file-file yang ada itulah yang disebut virus trojan.

Kebanyakan trojan menginfeksi file-file berekstensi (.EXE) seperti program, game,dan installer. Penyebaran trojan sendiri paling banyak melalui crack dari suatu program/game yang telah terinfeksi. Crack tetap akan berjalan akan tetapi secara diam-diam trojan akan menyerang file-file dan system komputer kita.

Tentunya cara mengatasi virus ini yang paling mudah adalah melalui anti-virus, akan tetapi terkadang ketika kita tidak mengupdate anti virus kita, atau mematikan "real-time protector" anti-virus kita untuk tujuan tertentu, virus dapat menyerang dengan mudah anti virus tersebut sehingga corrupt. Di sinilah terkadang diperlukan proses untuk menghapus virus trojan secara manual apalagi dengan kondisi tanpa koneksi internet atau browser telah ikut corrupt akibat trojan tersebut.

Cara mengatasi virus trojan secara manual :

1. Tentukan file yang terinfeksi virus trojan. Caranya melihat file yang mengalami corrupt dan error atau mengingat kembali program terakhir yang diinstall dan membawa virus bawaan tersebut.
2. Matikan system restore pada komputermu untuk sementara, jika tidak komputer akan mengembalikan file yang telah kamu hapus beserta virus di dalamnya.
3. Restart komputer kemudian tekan F8 dan pilih safe mode.
4. Uninstall program yang telah terinfeksi virus trojan dan hapus file-file yang berhubungan dengan virus tersebut.
5. Restart komputer dan kembalikan ke mode normal dengan F8 dan memilih "start windows normally"

Perlu diingat kembali cara ini tidak 100% dapat membersihkan komputer dari virus trojan, mengingat virus trojan dapat menginfeksi file selain program biasa yang kita install, seperti program-program bawaan windows dan file-file system di dalamnya. Akan tetapi cara ini memang memperlambat virus trojan yang ada. Ada baiknya setelah melakukan cara di atas, anda membersihkan komputer anda dengan menginstall ulang anti-virus anda dan melakukan full scanning ke seluruh directory komputer anda. Well.... sekian dan terimakasih.... HFGL GUYS XD

sources :

https://id.wikipedia.org/wiki/Trojan#Pendeteksian_dan_Pembersihan

http://www.combofix.org/what-is-trojan-horse-virus-and-how-to-remove-it-manually.php

No comments:

Post a Comment